Akibat manusia menembus kecepatan suara


Kali ini topiknya berhubungan dengan posting sebelumnya tentang kecepatan. Tapi yang ini membuat kita berpikir, apa ya yang akan terjadi kalo manusia bisa menembus kecepatan suara???

Yuk kita baca ceritanya



Concorde adalah pesawat supersonik (pesawat dengan kecepatan suara) pertama yang diciptakan pada dekade 1950-an hasil kerjasama antara Inggris dan Perancis. Tambahan huruf ‘e’ pada nama Concorde diberikan Inggris sebagai ucapan terima kasih atas jasa Perancis dalam pembuatan pesawat ini. Concorde dioperasikan pertama kali tahun 1969.

Salah satu hal unik dari pesawat ini adalah bagian hidungnya yang dapat dibengkokkan. Sekilas pembengkokkan hidung Concorde hanya seperti aksesoris saja. Namun ternyata, penekukan hidung ini (sudut penekukannya 12,5 derajat hingga 30 derajat) perlu dilakukan saat hendak mendarat agar hidung Concorde tidak menghalangi pandangan pilot ke arah landasan lapangan terbang dibawah.

Total jam terbang dari keseluruhan 13  pesawat Concorde yang ada sekarang sudah lebih dari 200.000 jam terbang. Dari jumlah itu, 140.000 jam di antaranya terbang di atas kecepatan suara. Pesawat ini juga mampu membawa 144 penumpang dengan kecepatan 2,04 mach (2.200 kilometer per jam) pada ketinggian 60.000 kaki.

Itu artinya kecepatan Concorde 2 kali kecepatan suara, yakni 1.200 km/jam. Dengan kecepatan luar biasa ini, Concorde hanya membutuhkan waktu 2 setengah jam dari Paris ke New York. Padahal, rata-rata pesawat biasa menempuh jarak tersebut harus membutuhkan waktu lebih dari 7 jam.

Ketika menembus kecepatan luar biasa itu, Concorde akan mengeluarkan suara menggelegar yang disebut SONIC BOOM atau DENTUMAN SONIK. Dentuman ini bisa sampai ke permukaan tanah, bahkan bisa memecahkan kaca.. Woooowww…. Karena itu pesawat supersonic ini biasanya tidak terbang di atas daerah penduduk.

Jadi, kalo seandainya manusia bisa menembus kecepatan suara, manusia mungkin akan mengalami gangguan pendengaran karena pecahnya gendang telinga (Ruptur Membran Tympani).

Gimana kalo manusia nembus kecepatan cahaya ya??

2 responses to this post.

  1. bagi-bagi comment ya 🙂

    Balas

  2. […] sekitar pesawat terlihat uap air atau awan yang membentuk corong. Awan yang berbentuk corong ini merupakan […]

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: